Airlangga Optimis Pemerintah Bisa Tekan Inflasi Pangan di Bawah 5 Persen, Pakar Nilai Masuk Akal

- Kamis, 22 September 2022 | 19:18 WIB
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)
Menko Perekonomian Airlangga Hartarto (Foto: Humas Kemenko Perekonomian)

RAGAMINDONESIA.COM - Pakar pertanian Institut Pertanian Bogor (IPB University) Dwi Andreas Santosa memberikan tanggapannya atas upaya pemerintah menekan angka inflasi pangan.

Hal ini didasari oleh pernyataan Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Airlangga Hartarto saat ditemui di Jakarta, Kamis (22/9/2022).

Airlangga menyebut, pemerintah terus berupaya untuk menjaga inflasi, yang disebabkan oleh kenaikan harga BBM dan juga inflasi pangan

Baca Juga: Pengamat: Pertemuan Airlangga dan Prabowo Upaya Jalin Komunikasi Politik untuk Pilpres 2024

Airlangga bahkan optimis bahwa pemerinta bisa menekan inflasi pangan di bawah 5%.

“Inflasi diperkirakan akan naik di bulan September, dan berbagai pengalaman dalam kenaikan bbm, inflasi akan cenderung turun dalam 3-4 bulan kedepan, dan tentunya dengan berbagai program dan pemberian subsidi bantuan untuk sektor transportasi, dengan dana BTT dan 2% DTU pemerintah optimis inflasi pangan dapat ditekan di bawah 5%,“ kata Airlangga.

Menko Airlangga yang juga Ketua Umum Partai Golkar ini menambahkan, pemerintah terus melakukan ekstra effort untuk menekan inflasi pangan di kisaran 3-5%.

Baca Juga: Syarat dari Jokowi dan Maruf Amin bagi yang Ingin Jabat PJ Gubernur DKI Jakarta Pengganti Anies Baswedan

“Kita akan terus menekan inflasi volatile food agar dapat mencapai komitmen awal pada HLM TPIP (High Level Meeting Tim Pengendalian Inflasi Pusat (HLM TPIP) Maret lalu yang sebesar targetnya adalah 3-5%. Jika dilihat secara regional dari 90 kota IHK, ada 66 kota IHK yang realisasi inflasinya diatas nasional. Dan kerjasama antar daerah guna menekan inflasi akan terus didorong semakin efektif akan menjaga stabilitas harga di masyarakat,“ tambah Menko Airlangga.

Halaman:

Editor: Yunara Aruna

Tags

Artikel Terkait

Terkini

X